Wednesday, January 15, 2014

Persyaratan dan Sirkulasi Ruang Bank

Persyaratan Ruang Bank

Di dalam mendesain sebuah bank, ada beberapa persyaratan ruang-ruang yang harus dipenuhi setiap bank seperti yang dikemukan oleh Suhardjono (2002), antara lain :
  1. Ruang Perkantoran Anak Cabang
    Ruang-ruang yang mengutamakan fleksibilitas ruang.
  2. Ruang Pelayan Umum Bank
    Prinsip pelayanan bank adalah cepat dan lancar. Ruangan ini mudah dicapai oleh nasabah dan biasanya terletak di lantai dasar.
  3. Ruang Operasional Bank
    Bagian operasional/teller melayani nasabah secara langsung dan berhadapan. Pada bagian kasir perlu pengawasan khusus yang terdapat komputer.
  4. Ruang Komputer
    Bank memiliki ruang khusus computer untuk mengakses ke bank-bank cabang.
  5. Ruang Khasanah Uang Tunai
    Ruangan ini tempat penyimpanan uang tunai dan barang-barang berharga. Ruangan ini biasanya terletak di basement agar keamanannya terjamin.
  6. Ruang safe deposit box
    Ruang yang terdiri dari laci-laci atau box yang disewakan kepada nasabah.
  7. Ruang Administrasi Non Operasional Bank
    Ruangan ini adalah ruangan pekerjaan administrasi bank yang tidak berhubungan dengan nasabah.
  8. Ruang tunggu
    Fungsi ruangan ini sebagai tempat menunggu giliran panggilan transaksi.
  9. Security Area
    Ruangan ini minimal terdapat sebuah meja dan kursi.

Sirkulasi Ruang Bank

Menurut Neufert, jalur uang tunai nasabah yang disetor dan diambil melalui ruang kasir lalu menuju ke ruang belakang yang merupakan loket pembukuan rekening bank. Ruangan-ruangan kantor bank yang digunakan sebagai lalu lintas nasabah, seperti ruang direktur, bagian kreditur, bagian pemeriksaan/peminjaman kembali biasanya terletak pada ruang kasir di luar dengan ruang-ruang khusus di lantai atas.

Jalur ke kotak sewa bank berada di ruang kasir melewati bagian administrasi depot, surat-surat berharga, biasanya berada lebih dalam melalui terali penutup ke ruang sebelum tempat lemari besi. Pada ruang ini terletak sel-sel untuk nasabah (ukuran sel untuk 1 orang = 1,0 x 1,5 sampai 1,5 x 1,5 untuk 2 orang = 2,0 x 1,5) dan pintu masuk ke dalam lemari besi ini biasanya dibagi dalam lemari besi bank dan lemari besi nasabah dalam instalansi kecil di belakang pintu.

Instalasi yang lebih besar biasanya selain lemari besi nasabah mempunyai lemari bank khusus. Di depan pintu masuk terdapat ruang kerja administrasi depot, dengan trap khusus ke ruang kas yang luas atau lift-lift untuk ruang khusus.

Sirkulasi Ruang Bank
Hubungan Antar Ruang di dalam Bank.  Sumber :  Data Arsitek


Begitulah tentang Persyaratan dan Sirkulasi Ruang Bank. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

1 Komentar:

Sangat membantu pertugasan tata ruang thanks

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)