Sunday, October 6, 2013

Pengertian dan Klasifikasi Resort Hotel

Hotel Resort merupakan hotel yang dibangun di tempat-tempat wisata.  Tujuan pembangunan hotel semacam ini tentunya adalah sebagai fasilitas akomodasi dari suatu aktivitas wisata. Resort hotel memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis hotel lain, yaitu :


a. Segmen pasar
Resort hotel merupakan fasilitas akomodasi yang terletak di daerah wisata.  Sasaran pengunjung resort hotel adalah wisatawan yang bertujuan untuk berlibur, bersenang-senang, mengisi waktu luang, dan melupakan rutinitas kerja sehari-hari yang membosankan.  Untuk tujuan tersebut, mereka membutuhkan hotel yang dilengkapi fasilitas yang bersifat rekreatif dan memberikan pola pelayanan yang memuaskan.  Rancangan resort yang baik harus dapat merespons kebutuhan ini sehingga rancangan sebuah resort perlu dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memungkinkan konsumen untuk bersenang-senang, refreshing, dan mendapatkan hiburan.

b. Lokasi
Umumnya resort hotel berlokasi di tempat-tempat yang mempunyai potensi wisata yang baik, misalnya tempat-tempat dengan pemandangan alam yang indah seperti pantai, pegunungan, tepi sungai, tepi danau, ataupun tempat-tempat khusus yang tidak dirusak oleh keramaian kota sebagai daya tariknya.

c. Fasilitas
Secara umum fasilitas yang disediakan pada resort hotel terdiri dari 2 kategori utama, yaitu:
Fasilitas umum, yaitu penyediaan kebutuhan umum seperti akomodasi, pelayanan, hiburan, relaksasi.  Semua tipe resort menyediakan fasilitas ini.

Fasilitas tambahan, yang disediakan pada lokasi khusus dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada pada tapak dan sekitarnya untuk kegiatan rekreasi yang lebih spesifik dan dapat menggambarkan kealamian resort.  Contoh fasilitas ini adalah kondisi fisik di tepi laut, yaitu pasir pantai dan sinar matahari dimanfaatkan untuk berjemur atau bermain voli pantai.  Lautnya yang luas dimanfaatkan untuk kegiatan berenang, selancar, dan menyelam.

d. Arsitektur dan suasana
Wisatawan yang berkunjung ke resort hotel cenderung mencari akomodasi dengan arsitektur dan suasana khusus, yang berbeda dengan jenis hotel lain.  Arsitektur dan suasana alami merupakan pilihan mereka.  Wisatawan pengunjung resort hotel lebih cenderung memilih penampilan bangunan dengan tema alami atau tradisional dengan motif dekorasi interior yang bersifat etnik dan atau ruang luar dengan sentuhan etnik.  Rancangan bangunan lebih disukai yang mengutamakan pembentukan suasana khusus daripada efisiensi.
Beragamnya daerah pariwisata yang ada di dunia ini mempengaruhi variasi resort hotel yang ada.  Berdasarkan letak dan fasilitasnya, resort hotel dapat diklasifikasikan sebagai berikut:


  • Beach Resort Hotel
    Resort ini terletak di daerah pantai, mengutamakan potensi alam dan laut sebagai daya tariknya.  Pemandangan yang lepas ke arah laut, keindahan pantai, dan fasilitas olahraga air seringkali dimanfaatkan sebagai pertimbangan utama perancangan bangunan. Contoh beach resort hotel adalah Amari Trang Beach Resort Hotel.
  • Marina Resort Hotel
    Resort ini terletak di kawasan marina (pelabuhan laut).  Oleh karena terletak di kawasan marina, rancangan resort ini memanfaatkan potensi utama kawasan tersebut sebagai kawasan perairan.  Biasanya respon rancangan resort ini diwujudkan dengan melengkapi resort dengan fasilitas dermaga serta mengutamakan penyediaan fasilitas yang berhubungan dengan aktivitas olahraga air dan kegiatan yang berhubungan dengan air. Contoh resorit ini adalah Mauritius Hotel.
  • Mountain Resort Hotel
    Resort ini terletak di daerah pegunungan.  Pemandangan daerah pegunungan yang indah merupakan kekuatan lokasi yang dimanfaatkan sebagai ciri rancangan resort ini.  Fasilitas yang disediakan lebih ditekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan alam dan rekreasi yang bersifat kultural dan natural seperti mendaki gunung, hiking, dan aktivitas lainnya.  
  • Health Resorts and Spas
    Resort hotel ini dibangun di daerah-daerah dengan potensi alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyehatan, misalnya melalui aktivitas spa.  Rancangan resort semacam ini dilengkapi dengan fasilitas untuk pemulihan kesegaran jasmani, rohani, maupun mental serta kegiatan yang berhubungan dengan kebugaran. Contoh resort jenis ini adalah thermal hotel di Aquicium, Budapest; The Cangkringan Spa & Villas Hotel.
  • Rural Resort and Country Hotels
    Adalah resort hotel yang dibangun di daerah pedesaan jauh dari area bisnis dan keramaian.  Daya tarik resort ini adalah lokasinya yang masih alami, diperkuat dengan fasilitas olahraga dan rekreasi yang jarang ada di kota seperti berburu, bermain golf, tenis, berkuda, panjat tebing, memanah, atau aktivitas khusus lainnya.  Contoh resort ini adalah Village Equestre de Pompadour, Correze, France.
  • Themed Resorts
    Resort jenis ini dirancang dengan tema tertentu, menawarkan atraksi yang spesial sebagai daya tariknya.  Contoh resort ini adalah Grosvenor Resort in Walt Disney World Resort Hotel, Lake Buena Vista Florida.
  • Condiminium, time share, and residental development
    Resort ini mempunyai strategi pemasaran yang menari. Sebagian dari kamar resort ini ditawarkan untuk disewa selama periode waktu yang telah ditentukan dalam kontrak, biasanya dalam jangka panjang.  Tentunya penghitungan biaya sewanya berbeda dengan biaya sea harian dari kamar-kamar tersebut.  Sistem ini dapat dilakukan sebagai daya tarik untuk memfasilitasi serangkaian kegiatan yang dapat dilakukan di resort tersebut. Dalam operasionalnya, perlu dilakukan pembedaan area dalam fasilitas publik resort tersebut seperti entrance, lobby, dan elevator, harus dipisahkan untuk penggunaan residen dan tamu hotel yang biasa.
  • All-suites hotels
    Resort jenis ini terholong resort mewah yang semua kamar disewakan dalam hotel tersebut tergolong ke dalam kelas suite.  Contoh resort ini adalah Conrad Hotel yang terletak di pelabuhan New Chelsea, London.  Hotel ini memiliki 160 kamar suote dengan beberapa desain.
  • Sight-seeing Resort Hotel
    Resort hotel ini terletak di daerah yang mempunyai potensi khusus atau tempat-tempat menarik seperti pusat perbelanjaan, kawasan bersejarah, tempat hiburan, dan sebagainya.  Contoh resort jenis ini adalah Resort Amanjiwo di Magelang yang berada di dekat Candi Borobudur dan memanfaatkan keindahan alam pedesaan sebagai daya tariknya.

Berdasarkan periode pemakaiannya, resort hotel dapat dibagi menjadi:
  1. Winter Resort Hotel, merupakan resort yang dibuka hanya pada musim dingin, biasanya karena potensi wisatanya memang hanya menonjol di musim dingin, misalnya resort hotel di kawasan-kawasan wisata ski.
  2. Summer Resort Hotel, merupakan resort yang dibuka hanya pada musim panas saja, biasanya karena potensi wisata di daerah tersebut hanya menonjol di musim panas. Contoh resort ini adalah Sharm El Sheikh resort Hotel yang terletak di tepi pantai.
  3. Year Round Hotel, merupakan resort yang dibuka sepanjang tahun.

Sumber: Marlina, Endy. 2008. Panduan Perancangan Bangunan Komersial. Yogyakarta: ANDI.


Begitulah tentang Pengertian dan Klasifikasi Resort Hotel. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

6 Komentar

maaf sebelumnya, saya mahasiswa teknik arsitektur yang akan membuat tugas akhir dengan judul honeymoon resort. apakah ada yang di madsud dengan honeymoon resort... saya masih binggung mencari reperensi dalam merancang sebuah honemoon resort

Setahu Saya klasifikasi resort seperti tertuang di dalam artkel ini. Barangkali "honeymoon" resort adalah tema untuk "honeymoon". Kalau Mas / Mbak coba mengangkat konsep tersebut, coba referensi nya berupa kunjungan langsung ke resort2 yang mengusung tema tersebut seperti di Bali dll.

Coba lihat referensi ini :
https://www.tripadvisor.com/HotelsList-Indonesia-Honeymoon-Resorts-zfp8494456.html

Lagi nyari investor buat kerja sama..
Lokasi sekitar 6hektar pinggir pantai
Pantai nya pasir putih dan berada di teluk

saya mahasiswa arsitek mau buat perancangan arsitektur tentang hotel resort, hotel resort itu pembagian ruangannya apa saja dan lalu sirkulasi aktivitasnya apa saja ya yang harus ada? terima kasih

adug saya butuh e-booknya Endy Marlina tersebut

Terima Kasih, Sangat Bermanfaat :)

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)