Saturday, April 12, 2014

Cara menginstall plugin sketchUp 2014

Cara menginstall plugin sketchUp 2014 - Archmaxter.com.  Seperti yang diketahui, mulai SketchUp 2014 ke atas, pemasangan plugin tidak lagi di-copas ke C:\Program Files\SketchUp\SketchUp 2013\Plugins, akan tetapi di-install.

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk menginstall plugin di SketchUp 2014.  Yaitu :

1.  Install RBZ

Untuk menginstall RBZ, di menu SketchUp, klik : Windows -> Preferences -> Extensions -> Install Extension -> (Pilih Plugin) -> OK

Perhatikan gambar di bawah ini !

Cara menginstall plugin sketchUp 2014 - Archmaxter.com

2.  Install manual

Install manual SketchUp 2014 ini sama saja dengan SketchUp 2013 ke bawah. Akan tetapi, hanya beda letaknya saja.

Jika untuk Sketchup 2013 ke bawah letak folder plugins-nya :

C:\Program Files\SketchUp\SketchUp 2013\Plugins

Maka untuk SketchUp 2014 ke atas, letak folder plugins-nya adalah :

C:\Users\(USERNAM_PC_KAMU)\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp 2014\SketchUp\Plugins

Catatan: Show hidden folder & hidden file system dahulu !

Jika Kamu punya plugins SketchUp 2013 ke bawah dan mau diinstall di SketchUp 2014 ke atas, maka gunakanlah cara ini. Yakni plugins yang berekstension RB (Rubby) dicopas aja ke folder plugins di URL plugins SketchUp 2014

Sekian, terima kasih :)

Begitulah tentang Cara menginstall plugin sketchUp 2014. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

50 Komentar

kok saya tidak ada pilihan Instal extension nya mas? gimana cara munculin pilihan itu?

mas untuk plugin 2014 bsa d pake di sketchup 8 ga? Soalnya ane pake SU PRO 8

Bisa mas.. Asal mas harus install di SketchUP 2014/2015 terlebih dahulu, lalu mas ambil semua plugin nya di C:\Users\(USERNAM_PC_KAMU)\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp 2014\SketchUp\Plugins, timpa ke C:\Program Files\SketchUp\SketchUp 8\Plugins

mas, kalau plugin sketchup 2013 ke bawah, kok ga bisa ke sketchup 2015? apa memang caranya beda?

"Asal mas harus install di SketchUP 2014/2015 terlebih dahulu". maksudnya?

Setahu Saya, semua plugin sketchup itu sama yaitu berekstensi .rb (rubby). Yang membedakan cuma letak plugin itu mas, sama cara penginstallan :D Contoh : Sketchup 2005 memakai file extensi .rbz untuk penginstallan plugin.

Jadi gini, letak folder plugin untuk sketchup 2014/2015 ke atas itu beda dengan sketchup 8 ke bawah.

File .rbz gak bisa diekstrak langsung lalu dimasukkan ke folder plugins sketchup 8, caranya harus diinstall dulu di SkethUp 2014 (ke atas) nanti akses folder plugins nya, copy dan paste ke folder plugin SketchUp 8.

Sblmnya trimakasih , sya memakai sketchup 2015 , saya mau instal dibac dan 1001bit yg pro , bagaimana caranya ?

Saya sudah ikuti langkah ke 2 tp stelah saya buka sketchup saya tetep ga muncul dan ada pesan error ?

Saya lihat komen di atas kok di timpa lagi ? Apa harus begitu ?
Mohon bantuanya , trimakasih

Maaf sebelumnya, apa file installan untuk Dibac dan 1001bit nya sudah berbentuk file RBZ ? Atau masih RB ?

1001bit pro saya msh berbentuk file rb padahl saya sudah melakukan cara yg sdh dberitau tp tetap tidak bisa itu gmn ya mas? mohon bantuannya terimakasih

saya pakai sketch up 2014 mas

Bisa dilampirkan di komen ini keterangan error nya Mba / Mas ?

Untuk versi 2014 ke atas, disarankan untuk menginstall 1001bit yang RBZ saja. Silahkan cek di :

https://extensions.sketchup.com/en/content/1001bit-tools-freeware

Kalau memang benar2 mau yang masih berbentuk RB, silahkan akses ke Folder Plugin nya:

C:\Users\MUHAMMAD\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp 2014\SketchUp\Plugins

Pokoknya cari yang folder SketchUp -> Plugins.

assalamualaikum, ijin bertanya mas..
saya pakai Sketchup 2014, mau memasukan pluq-in Lines2tube.rb ke sketchup saya.sudah coba sesuai petunjuk di atas namun punya saya g ada folder plug-in

adanya folder Tools, kemudian saya paste disitu, namun masih belum berhasil

untuk plug-in Mirror bisa, namun Lines2tube nya tidak bisa..

mohon solusinya suhu... :)

Mohon maaf Mas, bisa beritahu Saya path nya ? Punya Saya sekarang pake 2016. Path nya seperti ini :

C:\Users\(NAMA_USER)\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp 2016\SketchUp\Plugins

sudah ketemu mas, namun plugin masih belum muncul juga... :(

C:\Users\User\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp 2014\SketchUp\Plugins

mau tanya mas,,saya install curviloft uda bisa, tp pas buka skp nya katanya harus install dl libfredo6 v.5.2.?
mohon pencerahannya..

Semua plugin di bawah ini membutuhkan LibFredo versi terbaru :
FredoScale
Tools on Surface
RoundCorner
Curviloft
HoverSelect
GhostComp
SUClock
FredoTools
Curvizard
TopoShaper

Silahkan download LibFredo6 di :
https://extensions.sketchup.com/content/libfredo6

Gunakan akun Google untuk mendownload. :)

Setelah Saya teliti, ternyata file line2tubes.rb dienkripsi oleh pembuat nya (Didier Bur @Sketchucation.com). Saya tidak tahu maksud dari owner script line2tubes ini ingin menjadikan plugin ini berbayar / tidak.

Terlepas dari hal itu, Mas masih bisa membuat tube dari line dengan alternatif lain. Kalau yang Saya pakai adalah Tube Along Path. Silahkan dicoba, mudah2an bermanfaat ! :)

TubeAlongPath : http://sketchucation.com/pluginstore?pln=PipeAlongPath

mas tutorialnya cari di mana ?.... bantu dulu ya

mas kalau meletakan plugin di sketchup 2016 dimana ya mas ?

Mas menggunakan SketchUp versi berapa ? Kalau versi 2014 ke atas, cukup diinstall RBZ nya aja.

Trims atas respon nya.

Boleh tau yang dimaksud mas adalah mirror apa ?

saya bukan orang bijak gan... orang yang lagi belajar skeetchup... terima kasih saran dan ide2 dan sharingnya gan memebatu sangat...

Terima kasih banyak atas respon nya Mas Rngg (Rangga?). Semoga bermanfaat.

Bang imam , saya coba install plugin tools on surface dan penempatan udah sesuai instruksi.Tapi saat sketchup nya dibuka malah error "Error Loading File LibOnSurface.rb
uninitialized constant SUToolsOnSurface::TOS_DIRError Loading File LoaderOnSurface.rb
no such file to load -- /LibTraductor_20.rbError Loading File ShapeOnSurface.rb
uninitialized constant SUToolsOnSurface::CODE_Rectangle "
Dan saya udah coba download LibFredo6 dan letakin di file plugin SKP nya.Tapi tetap error. itu gimana ya?
Saya menggunakan SKP pro 8.
Mohon bantuannya bang imam .
Terimakasih

File RBZ nya boleh minta gak mas??

kalau ada saya ,minta link untuk plugins DM ProfileBuilder yang format rbz gan.
terimkasih bnyak sebelumnya.
bisa krim link melalaui email saya
jacky09512159@gmail.com

Assalamu'alaikum wr.wb. mas admin, terima kasih banyak atas share ilmunya semoga mas admin mendapat balasan dari Allah SWT semoga makin berkah .. aamiin

This comment has been removed by the author.

maaf mas mau tanya, cara install libfredonya sama dengan cara install yang di extension itu ya?

Siang mas, saya sudah install plugins lewat link https://extensions.sketchup.com/content/libfredo6 namun pas dibuka tidak ada perubahan apa2 di skp saya. Saya menggunakan skp 2014 pro. Mohon pencerahannya mas. Terima kasih sebelumnya

Siang gan
saya sdh install plugins dan sdh copas juga. Tetapi begitu buka aplikasi sketchup 2016 muncul Load error
Kenapa y gan?

sama gan punya ku load error jga

Hallo mas Fitra.

Dari error nya tersebut, kelihatan bahwa terjadi kesalahan pada saat mengeksekusi file LibOnSurface.rb. Bisa jadi kesalahan tersebut ada karena ada beberapa file dependency yang harus diinstall juga seperti LoaderOnSurface.rb, Libtraductor_20.rb, ShapeOnSurface.rb, dll. Kalau seandainya sudah dipastikan kesemua file tersebut ada di folder Plugins, berarti kemungkinan besar adalah file RB tersebut tidak cocok dengan sketchUp Mas.

Sudah dipastikan install RBZ seperti cara di artikel ini ? Apakah ada pesan error ?

Kalo iya, coba restart sketchUp dan coba atasi sesuai pesan error yang berlaku. Tak lupa untuk cek Folder Plugins apakah sudah ada file RB nya di sana ? Kalo tidak ada, copas file RB di laptop yg bisa install plugin tersebut.

Semoga membantu !

Bisa dicopas keterangan error nya ?

mas mo nanya,,stelah instal plugin setiap buka app sketchup 2015 muncul load error... itu knpa ya...? toLong pencerahannya...

Error Loading File clf_shape_bender_loader.rb
Error: #
C:/Program Files/SketchUp/SketchUp 2015/Tools/RubyStdLib/rubygems/core_ext/kernel_require.rb:45:in `require'
C:/Program Files/SketchUp/SketchUp 2015/Tools/RubyStdLib/rubygems/core_ext/kernel_require.rb:45:in `require'
C:/Users/upink/AppData/Roaming/SketchUp/SketchUp 2015/SketchUp/Plugins/clf_shape_bender_loader.rb:22:in `'

Bos cara installnya di Sketchup 2016 gimana ya bos? aku coba kok gk munculnya yaa?

mas kalo erornya ada tulisan

Version 2.11.0 Available

The support library TT_Lib² is required in order to use core.rb.

Please download and install the latest release.

gimana??

permisi , kalo install file rbz saya sudah tau setelah baca artikel agan, tp kalo khusus yg FFD kenapa file nya RB ya ? kalo file RB saya tidak tahu caranya, agan bisa memberitahu kah ?? terimakasih

siang mas, numpang tanya saya menggunakan SKETCHUP 2016 tapi FOLDER PLUGINS nya ga ada..gmna ya cara nya klo mo install plugins 1001 bitfreeware v 1.0.5 rbz.

mohon pencerahannya.
terima kasih

kang boleh minta tolong lihatin tutorial install fredoscale di sketchup 2015

mau nanya mass, untuk skp 2013 ke bwh itu file nya cuman di copy saja atau bagaimana..?

mas ,kalau sudah terdownload semua terus untuk cara kerjanya bagainmana? apa harus dilakukan mas?

mas cara install di 2016 gimana ya ?
mohon pencerahannya.
kalau bisa minta tutorial car install di 2016.
terima kasih

mas iwan yg baik hati, saya sdh intal file pendukung plugin sktechup yang mas berikan, saya menggunakan sktechup 2017 dan memiliki plugin, setelah proses ke plugin saya pindahkan file itu masih tdk bisa, ternyata saya harus mengintasl libfredo6 yang prabayar dan saya tdak bisa sampai di situ. ada gak langkah lain mas, maklum saya baru memulai nih, dulu masih menggunakan sketchup 7 jadi masih awam mengenai sktechup.

selama ini saya hanya menggunakan membeli cd instal yang dijual tapi di kampung saya tidak ada cd instalan plugin untuk sketchup. sedangkan untuk dowmload di internet saya sanggupnya yg free, klu yg pakai bayar saya masih kurang mengerti alias tidak biasa mas.

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)