Kali ini Saya ingin sharing tentang teknik displacement objek di 3ds max. Sebenarnya teknik displacement bisa dilakukan pada Vray Displacement tapi hasilnya hanya bisa dilihat apabila sudah dirender.
Syarat pertama untuk melakukan displacement adalah gambar harus monochrome (hitam putih). Bagian putih adalah bagian yang akan menonjol (berbentuk relief), dan bagian yang hitam adalah yang tidak akan menonjol.
- Siapkan gambar hitam putih. Apabila gambar anda perlu diconvert, silahkan convert di PhotoShop dengan menekan tombol CTRL + i
- Buatlah plane di bagian front / topdengan ukuran terserah Anda, Length segments = 100, Width segments = 100, Semakin banyak segment semakin bagus.
- Kemudian berilah modifier displace pada plane tersebut.
- Kemudian pada kotak image berilah gambar yang sudah diinvert (seperti di no 1) dengan mengklik none pada bitmap, dan pada Strengthberilah nilai kira-kira 25atau lebih sehingga relief dari gambar tersebut muncul.
- Permukaan relief terlihat sangat kasar, tambahkan nilai pada blur sehingga permukaan relief terlihat halus.
- Dan hasilnya akan seperti ini (ditambah material batu + bump) ;)
Begitulah tentang Teknik Displace / Displacement Objek di 3ds max 9 | Modifier Displace. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)
2 Komentar
Ini adalah teknik yang digunakan biasanya untuk selain BUMP di material.
Trims
Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)