Sunday, October 6, 2013

Jenis-jenis Hotel

Berdasarkan lokasinya, suatu hotel dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

1. City Hotel, adalah hotel yang terletak di pusat kota dan biasanya menampung tamu yang bertujuan bisnis atau dinas.

2. Down Town Hotel, adalah hotel yang berlokasi di dekat pusat perdagangan dan perbelanjaan.  Hotel ini sering menjadi sasaran tamu yang ingin berwisata belanja ataupun menjalin relasi dagang.  Oleh karena letaknya di sekitar area komersil dalam suatu kota, penampilan hotel ini cenderung mewah dan megah, sesuai dengan image aktivitas di sekitarnya.  Tidak jarang hotel ini dibangun menyatu dengan suatu fasilitas perbelanjaan agar dapat saling memberikan keuntungan satu dengan lainnya.  Hotel merupakan suatu fasilitas akomodasi bagi tamu-tamu yang ingin menjalin relasi dagang.  Sebaliknya, fasilitas perbelanjaan dapat menjadi suatu alternatif rekreasi bagi para tamu hotel.

3. Suburban Hotel/Motel, merupakan hotel yang berlokasi di pinggir kota.  Hotel ini sering menjadi transit hotel bagi tamu yang menginap dengan waktu pendek dan merupakan fasilitas transit masyarakat yang sedang dalam perjalanan.

4. Resort Hotel, merupakan hotel yang dibangun di tempat-tempat wisata.  Tujuan pembangunan hotel semacam ini tentunya adalah sebagai fasilitas akomodasi dari suatu aktivitas wisata.


Sumber: Marlina, Endy. 2008. Panduan Perancangan Bangunan Komersial. Yogyakarta: ANDI.


Begitulah tentang Jenis-jenis Hotel. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)