Saturday, August 3, 2013

CARA MENGINSTALL PLUGINS / SCRIPTS DI 3DS MAX | HOW TO INSTALL PLUGINS OR SCRIPTS IN 3DS MAX

Cara menginstall plugin / scripts di 3ds max | How to install plugins or scripts in 3ds max
Plugin secara bahasa adalah tambahan / sesuatu yang ditambahkan pada suatu alat yang bisa menambah kinerja dari alat tersebut.

Sedangkan menurut wikipedia.org, plugin adalah plug-in – adalah sebuah modul program computer atau alat yang berinteraksi dengan yang lain untuk menambahkan fungsi tambahan yang spesifik, atau mendukung format file atau alat yang spesifik.
Jadi, plugin 3ds max adalah scripts yang terbuat dari bahasa pemrograman "max scripts" yang berfungsi untuk menambah kinerja / fungsi dari 3ds max itu sendiri.

Adapun cara penginstallan plugin di 3ds max secara GARIS BESAR / pada UMUM NYA adalah :

1.  Buka 3ds Max (versi berapa saja) MAXScripts -> Run Script, atau drag langsung single file (*.mse, *.mcr) ke layar 3ds max.


Cara menginstall plugin di 3ds max

2.  Pilih menu customize, di tab Keyboard atau Toolbars carilah di kategori mana plugins 3ds max itu berada.  Biasanya akan diberitahukan oleh publisher plugin di kategori mana kah plugin tersebut akan muncul : 

3.  Jika Plugin ingin dipanggil / call dengan cara kombinasi tombol keyboard, maka caranya perhatikan secara seksama (klik gambar untuk memperbesar) :


Cara menginstall plugin di 3ds max

4.  Tetapi jika plugins ingin dijadikan sebagai toolbars, perhatikan gambar berikut (Klik gambar untuk memperbesar):


Cara menginstall plugin di 3ds max

5.  Silahkan coba tekan tombol kombinasi ASSIGN yang telah Anda buat. Jika tidak sesuai dengan gambar di atas, maka ulangi lagi menekan2 tombol kombinasi ASSIGN tersebut. 



Begitulah tentang CARA MENGINSTALL PLUGINS / SCRIPTS DI 3DS MAX | HOW TO INSTALL PLUGINS OR SCRIPTS IN 3DS MAX. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)