Thursday, February 27, 2014

3ds Max Boolean vs ProBoolean

Jika Anda sering mengerjakan modelling dengan software 3ds max dari autodesk, pasti tidak asing lagi bukan dengan boolean !

Mungkin pernah terlintas pertanyaan, kenapa face hasil dari boolean kok hancur ?  Lihat gambar di bawah ini.  Ini adalah proyek 3d Saya beberapa hari yang lalu, sayangnya Saya masih menggunakan tools boolen.


3ds Max Boolean vs ProBoolean

Setelah Saya cari, apakah ada tools ataupun script yang bisa "memperbaiki" kerusakan face akibat eksekusi boolen, ternyata hasilnya NIHIL !

Dan ternyata, Autodesk sendiri telah menyadari bahwa tools bawaan Boolean nya "kurang" sempurna.  Akhirnya Autodesk menambahkan script / source Power Boolean (dari npowersoftware.com) yang merupakan cikal bakal dari ProBoolean.

Berikut ini adalah gambar perbandingan Tools Boolean dan ProBoolean :

3ds Max Boolean vs ProBoolean

Adapun Kelebihan dan kekurangan ProBoolean adalah sebagai berikut.


Kelebihan :

  • Better Quality Mesh - less small edges, less skinny triangles.
  • Smaller Mesh - fewer vertices and faces.
  • Easier and Faster To Use - unlimited objects per Boolean operation.
  • Cleaner Looking Mesh - co-planar edges remain hidden.

Kekurangan (pengalaman Saya) :

  • Ada saat (sewaktu-waktu) ProBoolean tidak dapat dieksekusi sebagaimana mestinya (tidak dapat melakukan subtraction ataupun intersect pada suatu bidang, dikarenakan hal yang tidak terdefinisikan).
NB : Untuk pemakaian Tools ProBoolen, sama halnya dengan Boolean.

Ok, cukup sekian yang bisa Saya jelaskan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita. :)

Begitulah tentang 3ds Max Boolean vs ProBoolean. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)