Wednesday, October 2, 2013

Plugins 3ds Max - Remove Vertex Loop

Memang benar, 3ds max adalah salah satu aplikasi pembuat 3d yang banyak memiliki fitur / kelebihan dalam hal modelling, scripting, rendering, animating, rigging, dll.  Rasanya 3ds max sendiri tanpa kehadiran aplikasi pihak ke-3 (third party) sudah mumpuni.  Akan tetapi jika Anda telah lama berkecimpung di dalam dunia modelling dengan bantuan 3ds max, maka Anda akan menemui beberapa kendala / kekurangan meskipun dirasa tidak fundamental, akan tetapi kurang efisien terlebih jika diburu oleh deadline suatu proyek yang mengharuskan bekerja cepat dan tepat.


Setelah lama berkecimpung di dalam dunia per-max-an, Saya memiliki beberapa kendala yang memang tidak terlalu berpengaruh terhadap model yang Saya buat, akan tetapi akan lebih baik jika waktu Saya lebih efisien dalam pengerjaan model dengan 3ds max.  

Terkadang sungguh menjengkelkan jika kita membuat suatu objek kemudian di-split segment, kita mau menghapus kelebihan segment tersebut tidak bisa, karena jika kita hapus segment / vertex yang lebih tersebut malah menyebabkan hilangnya face. Seperti gambar di bawah ini :

Plugins 3ds max Remove Vertex Loop

Dengan berlatarbelakangkan seperti itu, maka Saya tertarik membahas tentang plugins / scripts 3ds max untuk menghapus vertex loop sehingga kita tidak perlu mengalami kejadian seperti pada gambar di atas.

Plugin ini bernama Remove Vertex Loop v1.2 yang dibuat oleh seorang programmer asal Rusia yang bernama Kikolay Litvinov.  Pemilik plugin ini telah merilis plugin ini dua kali yaitu versi 1.1 dan terakhir versi 1.2 yang dirilis pada bulan Januari 2013.  Berikut preview plugin tersebut :




Langkah-langkah penginstallan :


  1. Download plugin tersebut removevertexloop_v1.2.ms (1.14 KB)
  2. Buka 3ds max Anda, Arahkan ke Toolbar Max Scripts --> Run Scripts --> removevertexloop_v.12.ms
  3. Arahkan ke Toolbar Customize --> Customize User Interface --> Klik Tab 'Toolbars' --> Cari di category yang bernama 'Selection' --> Drag Remove Vertex Loop ke Toolbar 3ds Max Anda.  Jika kurang jelas, lihat postingan tentang cara penginstallan plugins / scripts di 3ds max.

Penggunaan : 

Jika tombol plugin ini telah muncul di toolbars Anda, penggunaannya yaitu seleksi vertex loop yang akan Anda hapus, lalu klik tombol plugin tersebut yang di toolbars (Tombol RVL), bukan tekan DELETE yah !

Selamat mencoba ! ;) 

Begitulah tentang Plugins 3ds Max - Remove Vertex Loop. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)