Wednesday, October 2, 2013

Plugins 3ds Max - Unify / Flip normal polygons

plugins 3ds max - uinfy / flip normal polygons
Assalaamu'alaikum.... 

Selamat pagi semuanya. Mudah-mudahan Alloh paring Aman Selamat Lancar Barokah pagi ini untuk umumnya orang Muslim di mana saja dan khususnya pagi pembaca Blog ini :)

Saya mempunyai plugin yang ampuh untuk 3ds max.  Mungkin bagi Anda yang pernah mengimport model 3ds max berbentuk *.dwg atau *.3ds pernah mengalami sebagian dari face nya berwarna hitam ? Dan ketika di-render maka bagian tersebut tembus pandang / tak terlihat.  Ya... Saya sendiri pernah mengalaminya, dan sangat merepotkan jika harus diseleksi satu-persatu bagian face yang hitam tersebut yang kemudian diberi modifier " normal " untuk membalik face-face yang terbalik tersebut (hitam).

Namun tidak lama ini Saya menemukan solusi yang lebih cepat dan simpel dalam menghadapi masalah tersebut.  Ya, dengan bantuan PLUGINS / 3rd party / aplikasi pihak ke-3 buatan anak negeri mas Budi Gunawan di blognya bg-script.blogspot.com.

Berikut sreenshot plugin tersebut :

plugins 3ds max - uinfy / flip normal polygonsplugins 3ds max - uinfy / flip normal polygons

Berikut cara pemakaian :

  1. Silahkan download plugin nya di sini : bgtools_unify_flip_normal_polygon_v12.rar (10,19 KB)
  2. Kemudian Extract file rar tersebut di mana saja. Anda akan melihat : 
    • Folder BG_Script
    • BGtools_Unify_Flip_normal_polygon.mcr
    • readme.txt
  3. Copy Folder BG_Script ke *DIRECTORY_3DSMAX_ANDA*/Scripts/ jika masih bingung, contoh directory 3ds max Saya adalah : " C:\Program Files\Autodesk\3ds Max 2011\Scripts "
  4. Buka 3ds max lalu arahkan ke Toolbar  Max Scripts --> Run Scripts --> (masuk ke folder hasil extract) --> BGtools_Unify_Flip_normal_polygon.mcr --> OK 
  5. Akses ke Toolbar Customize --> Customize user interface --> Pilih Tab 'Toolbars' --> Lihat di ' Category ', Anda akan melihat ' BGTools ' dan akan ada 'Make unify or flip normal polygons of ...'  (jika masih bingung silahkan lihat postingan saya tentang cara menginstall plugins / script di 3ds max)
  6. Kemudian drag (klik kiri tahan) lepaskan di Toolbar 3ds max.  Dan hasilnya akan ada tombol toolbar baru yang bernama 'Flip Normal'
  7. Klik toolbar Flip Normal jika ingin menggunakan.  Dan untuk penggunaan, silahkan lihat gambar bergerak / gif di postingan ini di bagian atas.
Selamat mencoba... :)



Begitulah tentang Plugins 3ds Max - Unify / Flip normal polygons. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)