Saturday, April 19, 2014

Cara membuat dynamic title & heading di blogspot / blogger untuk SEO yang lebih baik

Cara membuat dynamic title & heading di blogspot / blogger untuk SEO yang lebih baik - How to create dynamic title and heading in blogger/blogspot for better SEO - Archmaxter.com
Cara membuat dynamic title & heading di blogspot / blogger untuk SEO yang lebih baik - How to create dynamic title and heading in blogger/blogspot for better SEO - Archmaxter.com.  Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat dynamic title & heading untuk optimalisasi SEO.

Penggunaan Title dan Heading (h1, h2, h3, h4) memegang peranan penting dalam optimalisasi SEO (Search Engine Optimalization).  Terlebih untuk suatu artikel, title dan heading (h1, h2, h3, h4) sangat berpengaruh terhadap SEO on page.


Cara membuat Dynamic Title

Silahkan ganti <title> ... </title> di blog anda dengan kode di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> 
    <title><data:blog.pageTitle/> - DESKRIPSI_BLOG </title>
<b:else/>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'>
        <title>404: Page Not Found | <data:blog.title/></title>
    <b:else/>
        <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    </b:if>
</b:if>

Ganti DESKRIPSI_BLOG dengan deskripsi blog Anda.

Penjelasan kode :
  1. Kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> adalah kode kondisional if, yang artinya kode di atas akan dimuat jika halaman yang diakses (oleh pengakses) adalah halaman utama (index).
  2. Kode <title><data:blog.pageTitle/> - DESKRIPSI_BLOG </title> akan menghasilkan output title :  NAMA_BLOG  - DESKRIPSI_BLOG.
  3. Kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'> adalah kode kondisional if, yang artinya kode di atas akan dimuat jika halaman yang diakses (oleh pengakses) adalah halaman error not found 404.
  4. Kode <title>404: Page Not Found | <data:blog.title/></title> akan menghasilkan output title : 404: Page Not Found | NAMA_BLOG.
  5. Kode <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title> akan menghasilkan output title : JUDUL_ARTIKEL || NAMA_BLOG.
  6. Kode <b:else/> menjelaskan kondisi ketika sang pengakses mengakses selain halaman utama (index) atau selain halaman error (pada script tersebut ada dua tag if kondisional).
  7. Kode </b:if> adalah akhir dari tag kondisional if.

Cara membuat Dynamic Heading H1

Secara default, dynamic heading untuk artikel adalah H2.  Akan tetapi akan lebih baik jika ditambah H1 dynamic.

Silahkan cari kode seperti <h1> ... </h1> yang ada di #header atau semacamnya, lalu ganti dengan kode di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
  <h1><a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:blog.title'><data:blog.title/></a>  : <data:blog.pageName/></h1>
<b:else/>
  <h1><a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:blog.title'><data:blog.title/></a></h1>
</b:if>

Penjelasan kode :
  1. Kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> adalah kode kondisional if, yang artinya kode di atas akan dimuat jika halaman yang diakses (oleh pengakses) adalah halaman postingan.
  2. Kode <h1><a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:blog.title'><data:blog.title/></a> : <data:blog.pageName/></h1> akan menghasilkan output title :  NAMA BLOG : JUDUL ARTIKEL, seperti pada judul heading h1 pada artikel yang sedang Anda baca ini.
  3. Kode <h1><a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:blog.title'><data:blog.title/></a></h1> akan menghasilkan output title : NAMA BLOG
  4. Kode <b:else/> menjelaskan kondisi ketika sang pengakses mengakses selain postingan.
  5. Kode </b:if> adalah akhir dari tag kondisional if.

Begitulah tentang Cara membuat dynamic title & heading di blogspot / blogger untuk SEO yang lebih baik. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

Orang bijak pandai menjaga kata-kata :)